Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari Ahad, 1 Oktober 2023 di UPT SD Negeri Sumberjo.

Guru UPT SD Negeri Sumberjo

Foto Bersama Guru-guru UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo saat upacara bendera

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo, Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat membacakan teks naskah Proklamasi dalam Upacara Bendera.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba

Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba pada acara Maulid Nabi Muhammad saw.

RUDI HARTONO, S.Pd

Bapak Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Senin, 29 September 2025

Pelaksanaan ANBK Hari Kedua di UPT SD Negeri Sumberjo Berjalan Lancar

Pelaksanaan ANBK Hari Kedua di UPT SD Negeri Sumberjo Berjalan Lancar

Sumberjo – Hari ini, Selasa 30 September 2025, UPT SD Negeri Sumberjo menyelesaikan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari, mulai Senin 29 September hingga Selasa 30 September 2025.



Pada hari kedua ini, siswa-siswi kelas V tetap menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi dalam mengikuti asesmen. Mereka mengerjakan soal literasi membaca, numerasi, serta melanjutkan pengisian survei karakter dan lingkungan belajar dengan tertib di ruang laboratorium komputer sekolah.

Kepala sekolah, Bapak Rudi Hartono, menyampaikan apresiasi atas kerja sama semua pihak yang telah memastikan ANBK berjalan dengan baik. “Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK di hari kedua berjalan lancar tanpa kendala. Kami berterima kasih kepada guru, panitia, serta pengawas silang yang sudah mendampingi anak-anak dengan penuh kesungguhan,” ujarnya.

Sekolah telah menyiapkan sarana prasarana secara optimal sejak awal, termasuk jaringan internet, perangkat komputer, serta jadwal sesi yang teratur sehingga peserta dapat fokus menyelesaikan asesmen.

Dengan selesainya ANBK tahun 2025, UPT SD Negeri Sumberjo berharap hasil asesmen dapat menjadi cerminan kualitas pembelajaran sekaligus bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa yang akan datang.


📌 Ikuti terus informasi kegiatan sekolah melalui:

Share:

Minggu, 28 September 2025

Pelaksanaan Supervisi Guru SD oleh Kepala Sekolah dan Unduh Instrumennya

 

Pelaksanaan Supervisi Guru SD oleh Kepala Sekolah

(dengan fokus pada Pembelajaran Mendalam — revisi Kurikulum Merdeka)

DOWNLOAD INSTRUMEN SUPERVISI DEEPLEARNING




Ringkasan singkat: artikel ini menjelaskan kerangka, prinsip, langkah praktis, dan contoh instrumen supervisi yang dapat dipakai kepala sekolah SD untuk membina guru dalam menerapkan pembelajaran mendalam (deep learning) sesuai arah kebijakan Kurikulum Merdeka dan perubahan regulasi terbaru. Referensi kebijakan dan sumber teknis disertakan di tiap bagian penting. Scribd+3Sistem Informasi Kurikulum Nasional+3JDIH Kemdikbud+3


1. Landasan kebijakan singkat

Kurikulum Merdeka yang direvisi menempatkan Pembelajaran Mendalam sebagai pendekatan utama—mendorong pemahaman utuh, keterkaitan antar konsep, berpikir kritis, kreativitas, dan penerapan pada konteks nyata. Regulasi terbaru memperkuat arah ini dan mendorong satuan pendidikan menyiapkan pendidik dan pimpinan untuk membangun budaya pembelajaran yang mendalam. Sistem Informasi Kurikulum Nasional+1

2. Tujuan supervisi kepala sekolah (dalam konteks Pembelajaran Mendalam)

  • Meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang menumbuhkan pemahaman mendalam peserta didik. Sistem Informasi Kurikulum Nasional

  • Membina guru secara kolaboratif (coaching, mentoring) — bukan sekadar menilai. Scribd

  • Menyelaraskan praktik pembelajaran di kelas dengan capaian pembelajaran dan alokasi waktu untuk pembelajaran mendalam. BBPMP Jawa Tengah

3. Prinsip supervisi yang direkomendasikan

  1. Berorientasi pada pembelajaran murid — fokus bukan hanya kegiatan guru, tapi pada proses berpikir dan produk belajar siswa. Sistem Informasi Kurikulum Nasional

  2. Formatif dan kolaboratif — supervisi sebagai bimbingan berkelanjutan (coaching cycle) bukan hukuman. Scribd

  3. Kontekstual dan berbasis bukti — observasi kelas, dokumen perencanaan, produk siswa, dan refleksi guru. Scribd

  4. Fokus pada praktik Pembelajaran Mendalam — inquiry, problem-based learning, proyek interdisipliner, refleksi metakognitif. Sistem Informasi Kurikulum Nasional

4. Siklus supervisi praktis (langkah demi langkah)

  1. Perencanaan supervisi

    • Kepala sekolah menyusun rencana supervisi tahunan/semester berdasarkan kebutuhan (hasil asesmen, observasi sebelumnya, program sekolah).

    • Tetapkan prioritas: mis. penerapan pembelajaran mendalam 10% jam untuk proyek/interdisipliner, penguatan asesmen autentik. BBPMP Jawa Tengah

  2. Persiapan bersama guru

    • Koordinasi: kepala sekolah dan guru menyepakati fokus observasi (mis. keterlibatan siswa, pertanyaan tinggi-kognitif, penggunaan tugas autentik).

    • Minta guru mengirim RPP/modul ajar, tugas/proyek, dan target capaian.

  3. Observasi kelas terstruktur

    • Lakukan observasi langsung (atau rekaman bila perlu) menggunakan instrumen yang memuat indikator pembelajaran mendalam: perencanaan berpijak pada capaian, aktivitas berpikir tingkat tinggi, interaksi, penggunaan sumber belajar, asesmen formatif, dan refleksi siswa. Scribd

  4. Umpan balik (dialog profesional)

    • Berikan umpan balik yang spesifik, berbasis bukti (contoh: “pada menit 15 terlihat 3 siswa mengajukan hipotesis — bagus; untuk memperdalam, coba minta tiap kelompok menjelaskan alasan hipotesisnya dengan data dari eksperimen kecil”).

    • Gunakan pendekatan tanya-kurikulum: ajak guru refleksi, bukan menggurui.

  5. Tindak lanjut & pendampingan

    • Susun rencana tindak lanjut: pelatihan mini, lesson study, co-planning, atau modelling.

    • Jadwalkan observasi ulang atau pembimbingan berkala.

  6. Dokumentasi & evaluasi

    • Simpan hasil observasi, catatan umpan balik, rencana tindak lanjut, dan bukti peningkatan (produk siswa, rekaman, RPP revisi).

    • Gunakan data untuk perencanaan pengembangan profesional sekolah.

(Siklus ini berulang dan bersifat berkelanjutan — inti supervisi di Kurikulum Merdeka adalah pembinaan bukan hanya penilaian administratif.) Scribd+1

5. Contoh instrumen supervisi singkat (indikator fokus Pembelajaran Mendalam)

Perencanaan & kesiapan

Pelaksanaan di kelas

  • Kegiatan mendorong siswa bertanya, merancang, memecahkan masalah, dan merefleksi.

  • Interaksi guru–siswa bersifat fasilitatif (mendorong diskusi, berpikir kritis).

  • Ada unsur interdisipliner atau aplikasi konteks nyata (jika relevan). Sistem Informasi Kurikulum Nasional+1

Asesmen & produk siswa

  • Penilaian autentik: rubrik jelas, tugas menilai pemahaman mendalam, bukan sekadar hafalan.

  • Bukti belajar: portofolio, produk, presentasi, catatan reflektif siswa. Scribd

Refleksi & tindak lanjut guru

  • Guru melakukan refleksi tertulis/ lisan tentang apa yang berhasil dan yang perlu diperbaiki.

  • Ada rencana perbaikan/ pengayaan pasca-observasi.

(Dokumen instrumen yang lebih lengkap bisa diadaptasi dari contoh instrumen supervisi pembelajaran mendalam yang beredar dan disesuaikan konteks SD.) Scribd

6. Contoh rubrik sederhana (skala 1–4) — untuk keperluan observasi cepat

  • 4 (Sangat baik): Siswa aktif berpikir kritis, tugas menuntut pemahaman mendalam; guru memfasilitasi diskusi berjenjang; asesmen autentik berjalan.

  • 3 (Baik): Banyak indikator pembelajaran mendalam terpenuhi, perlu penguatan pada asesmen atau tugas interdisipliner.

  • 2 (Cukup): Aktivitas cenderung ritual; ada beberapa unsur berpikir tingkat tinggi tetapi belum konsisten.

  • 1 (Perlu pembinaan): Pembelajaran masih berfokus pada hafalan/penjelasan satu arah; butuh pendampingan intensif.
    Gunakan rubrik ini sebagai alat komunikasi yang jelas saat memberi umpan balik. Scribd

7. Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran

  • Fasilitator pengembangan profesional: menyediakan waktu, sumber daya, dan akses pelatihan untuk guru menerapkan pembelajaran mendalam. BBPMP Jawa Tengah

  • Model dan agen perubahan: menunjukkan praktik pembelajaran dan mendukung eksperimen pedagogis yang aman.

  • Penghubung kebijakan dan praktik: menerjemahkan regulasi (Permendikdasmen/arah Kurikulum Merdeka) ke dalam rencana sekolah yang nyata. JDIH Kemdikbud

8. Rekomendasi praktis cepat untuk kepala sekolah SD

  1. Mulai dari prioritas kecil: pilih 1–2 guru atau 1 kelas sebagai pilot untuk model pembelajaran mendalam.

  2. Sediakan lesson study / sharing rutin: guru saling observasi dan berdiskusi untuk perbaikan.

  3. Integrasikan 10% jam untuk pembelajaran mendalam (sesuai pedoman implementasi di beberapa sumber) untuk proyek kecil/interdisipliner. BBPMP Jawa Tengah

  4. Gunakan data siswa sebagai bukti: praktik supervisi harus terlihat pengaruhnya pada produk dan capaian siswa.

  5. Dokumentasikan proses agar bisa digunakan sebagai bukti perkembangan dan bahan pengembangan sekolah.

9. Penutup

Supervisi yang efektif dalam era Kurikulum Merdeka berarti perubahan dari kontrol administratif menjadi pembinaan profesional yang menjejaki kualitas pembelajaran siswa — khususnya pembelajaran mendalam. Kepala sekolah berperan sentral: merencanakan, memfasilitasi, memberi umpan balik yang membangun, dan memastikan tindak lanjut berkelanjutan. Dengan siklus supervisi yang kolaboratif dan instrumen yang fokus pada indikator deep learning, SD dapat membangun praktik pembelajaran yang bermakna dan tahan lama. Sistem Informasi Kurikulum Nasional+2Scribd+2


Referensi utama yang dipakai (pilihan)

Share:

UPT SD Negeri Sumberjo Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2025

UPT SD Negeri Sumberjo Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2025

Sumberjo – UPT SD Negeri Sumberjo melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 29–30 September 2025. Kegiatan ini merupakan program nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka memetakan mutu pendidikan di seluruh Indonesia.


ANBK tahun ini diikuti oleh siswa-siswi kelas V yang menjadi sampel pelaksanaan. Dengan berbasis komputer, asesmen ini mengukur kemampuan literasi membaca, numerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran nyata tentang kualitas pembelajaran di sekolah, sehingga dapat menjadi dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo, Bapak Rudi Hartono, menyampaikan bahwa pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar berkat kerja sama seluruh guru, panitia, dan siswa. “Kami bangga anak-anak dapat mengikuti asesmen ini dengan semangat dan penuh tanggung jawab. Semoga hasil yang diperoleh menjadi bahan evaluasi bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujarnya.

Selama pelaksanaan, sekolah telah menyiapkan sarana prasarana dengan baik, mulai dari ruang laboratorium komputer, perangkat laptop/PC, hingga jaringan internet yang memadai. Selain itu, pengawas silang dari sekolah lain juga turut serta demi menjaga objektivitas dan kelancaran jalannya asesmen.

Dengan adanya ANBK, UPT SD Negeri Sumberjo berharap mampu terus meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak generasi yang cerdas, berkarakter, serta siap menghadapi tantangan di masa depan.


📌 Informasi lebih lanjut dan dokumentasi kegiatan dapat dilihat melalui:

Share:

Rabu, 24 September 2025

Siswa-Siswi UPT SD Negeri Sumberjo Ikuti Cek Kesehatan Gratis

 

Siswa-Siswi UPT SD Negeri Sumberjo Ikuti Cek Kesehatan Gratis

Pada hari Kamis, 25 September 2025, UPT SD Negeri Sumberjo melaksanakan kegiatan Cek Kesehatan Gratis (CKG) yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas 5 dan 6, dengan menghadirkan 5 orang petugas kesehatan dari Puskesmas Sutojayan.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan mata, telinga, kuku, rambut, gigi, serta pengecekan tekanan darah. Selain itu, terdapat juga kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Untuk kelas 1 yang berjumlah 12 anak mendapatkan imunisasi Td, sedangkan untuk kelas 5, dua orang siswi mengikuti imunisasi HPV.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. Para siswa tampak antusias mengikuti setiap tahapan pemeriksaan. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.30 WIB.



Melalui kegiatan CKG ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, serta mendukung terciptanya generasi sehat, cerdas, dan berprestasi.



Share:

PENGUMUMAN Sumatif Tengah Semester (STS) — Semester 1 TA 2025/2026

 

PENGUMUMAN

Sumatif Tengah Semester (STS) — Semester 1 TA 2025/2026

Diumumkan kepada seluruh siswa, orang tua/wali, dan wali kelas UPT SD Negeri Sumberjo bahwa pelaksanaan STS akan dilaksanakan sesuai jadwal berikut:

No Hari / Tanggal Kelas 1–2 Kelas 3–6
1Senin, 6 Oktober 2025Pendidikan Agama
Bahasa Indonesia
Pendidikan Agama
Bahasa Indonesia
2Selasa, 7 Oktober 2025Matematika
PPKn
Matematika
PPKn
3Rabu, 8 Oktober 2025PJOK
Bahasa Jawa
Bahasa Jawa
PJOK
4Kamis, 9 Oktober 2025SBDP
Bahasa Inggris
SBDP
Bahasa Inggris
5Jumat, 10 Oktober 2025TIKIPAS
6Sabtu, 11 Oktober 2025-TIK

Ketentuan

  • Peserta hadir 30 menit sebelum ujian dimulai.
  • Membawa perlengkapan tulis dan alat khusus jika diperlukan.
  • Siswa wajib hadir dengan seragam rapi.
  • Perubahan jadwal akan diumumkan bila diperlukan melalui website sekolah dan wali kelas.


Sutojayan, 6 Oktober 2025
Kepala Sekolah,

RUDI HARTONO, S.Pd
NIP. 198005102009011003




Share:

Minggu, 21 September 2025

Upacara Bendera Senin di SD Negeri Sumberjo Dipimpin Pihak Kepolisian

 Upacara Bendera Senin di SD Negeri Sumberjo Dipimpin Pihak Kepolisian

Sumberjo, 2 September 2025 – Ada suasana berbeda dalam pelaksanaan upacara bendera hari Senin di UPT SD Negeri Sumberjo. Jika biasanya upacara dipimpin oleh bapak/ibu guru, kali ini upacara dipimpin langsung oleh pihak Kepolisian dari Polsek Lodoyo Timur, yaitu Bapak Bhabinkamtibmas Desa Sumberjo.





Dalam amanatnya, beliau menyampaikan beberapa hal penting yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi. Di antaranya adalah ajakan untuk menjauhi tindakan bullying yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Beliau juga mengingatkan tentang maraknya permainan berbahaya, seperti viral gasing penghapus yang diberi paku atau staples. Permainan tersebut sangat membahayakan karena sudah ada korban yang terluka.

Selain itu, beliau juga memberikan motivasi agar siswa-siswi SD Negeri Sumberjo terus berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Tak lupa, beliau menekankan pentingnya mengurangi penggunaan gawai/HP secara berlebihan. Anak-anak diminta untuk lebih banyak berinteraksi, belajar, dan bermain permainan yang sehat bersama teman-teman.

Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam upacara bendera ini memberikan nuansa baru sekaligus pengetahuan yang sangat berharga. Kepala UPT SD Negeri Sumberjo, Bapak Rudi Hartono, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian serta bimbingan dari pihak Kepolisian kepada siswa-siswi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta didik semakin disiplin, berkarakter baik, dan lebih berhati-hati dalam memilih permainan sehari-hari.

Share:

Rabu, 17 September 2025

Guru dan Kepala Sekolah SD Negeri Sumberjo Mengisi Sulingjar 2025

Guru dan Kepala Sekolah SD Negeri Sumberjo Mengisi Sulingjar 2025

Sumberjo, Kamis 18 September 2025 — Hari ini, para guru dan Kepala Sekolah (KS) SD Negeri Sumberjo melaksanakan pengisian Survei Lingkungan Belajar atau Sulingjar 2025. Kegiatan dilaksanakan di ruang media / laboratorium komputer sekolah sebagai bagian dari pelaksanaan instruksi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Apa itu Sulingjar?

Sulingjar adalah survei yang diwajibkan bagi seluruh guru dan kepala satuan pendidikan yang terdaftar di sistem pendataan seperti Dapodik dan EMIS. Tujuannya adalah untuk memperoleh data dan gambaran nyata tentang lingkungan belajar di masing-masing satuan pendidikan — mulai aspek fisik, fasilitas, proses belajar mengajar, layanan pendukung, hingga kenyamanan dan keamanan. Hasil survei ini akan dimanfaatkan untuk penyusunan Rapor Pendidikan dan sebagai bahan dasar perbaikan mutu pendidikan di sekolah dan daerah. (medcom.id)




Jadwal dan Mekanisme Pelaksanaan

  • Pengisian Sulingjar 2025 sudah dibuka sejak 15 September 2025 dan akan berlangsung hingga 10 Oktober 2025 untuk jenjang PAUD hingga SD dan seterusnya. (medcom.id)

  • Di SD/MI sederajat, jadwal sama yaitu 15 September – 10 Oktober 2025. (medcom.id)

  • Pengisian dilakukan secara daring (online), fleksibel, tanpa pengawasan langsung, selama akses internet tersedia. (medcom.id)

  • Untuk bisa mengisi survei, guru dan kepala sekolah harus memiliki kartu login Sulingjar, yang diperoleh dari operator sekolah melalui dashboard resmi Sulingjar (dashboard SLB / dashboard survei lingkungan belajar). (medcom.id)

Pelaksanaan di SD Negeri Sumberjo

Di SD Negeri Sumberjo, kegiatan pengisian Sulingjar dilaksanakan hari ini, Kamis, 18 September 2025 di ruang media / lab komputer sekolah. Semua guru dan Kepala Sekolah hadir dan bersama-sama membuka aplikasi survei, masuk menggunakan kartu login masing-masing, dan mengisi survei sesuai kondisi nyata di lingkungan belajar sekolah. Kegiatan dipandu oleh operator sekolah agar proses login, penggunaan token, dan pengisian berjalan lancar.

Manfaat dan Harapan

  • Dengan terlaksananya pengisian Sulingjar secara lengkap, SD Negeri Sumberjo dapat memperoleh gambaran akurat tentang kondisi pembelajaran dan fasilitas yang ada, serta aspek lain seperti kenyamanan, perlengkapan, dan layanan pendidikan.

  • Hasil survei ini akan menjadi bahan evaluasi dan perencanaan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperbaiki kekurangan, dan memperkuat yang sudah berjalan baik.

  • Keterlibatan penuh guru dan kepala sekolah diharapkan memperkuat akuntabilitas sekolah sekaligus sebagai partisipasi aktif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di tingkat kabupaten dan nasional.

Share:

Pelaksanaan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyyah An-Nur di UPT SD Negeri Sumberjo

Pelaksanaan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyyah An-Nur di UPT SD Negeri Sumberjo

Sumberjo, 2025 – UPT SD Negeri Sumberjo memiliki program unggulan berupa Madrasah Diniyyah (Madin) An-Nur, yang berfungsi sebagai wadah pembinaan keagamaan siswa di luar jam pelajaran utama. Program ini merupakan bentuk penguatan karakter religius dan pengembangan kegiatan SSN (Sekolah Sak Ngajine) yang telah dicanangkan oleh Bupati Blitar.


Kurikulum dan Materi yang Diajarkan



Madrasah Diniyyah An-Nur tingkat Ula menyajikan kurikulum yang mencakup berbagai mata pelajaran keagamaan, di antaranya:

  • Al-Qur’an Hadits: pembelajaran bacaan, tajwid, serta pemahaman makna ayat dan hadits.

  • Akidah Akhlak: penguatan dasar iman, pengenalan sifat-sifat Allah, serta pembiasaan akhlak mulia.

  • Fiqih: tata cara ibadah, mulai dari bersuci, shalat, hingga pembahasan hukum Islam dasar.

  • Tajwid: penekanan pada tata cara membaca Al-Qur’an yang benar.

  • Bahasa Arab: pengenalan kosakata dan tata bahasa sederhana.

  • Praktik Ibadah: latihan shalat, wudhu, fasholatan, serta doa-doa harian.

  • Hafalan: mencakup surat-surat pendek, Asmaul Husna, Aqoid 50, Yasin-Tahlil, hingga nama-nama nabi dan rasul.

Kitab-Kitab Rujukan

Materi di Madin An-Nur menggunakan berbagai kitab dasar yang umum dipakai di madrasah, di antaranya:

  • Fiqih: Mabadiul Fiqhiyah, Syi’ir Fasholatan

  • Akidah Akhlak: Syi’ir Ngudi Susilo, Nadzom Ala-La

  • Aqidah: Aqidatul Awam

  • Tajwid: Syifau Jannan

  • Bahasa Arab: Ro’sun Sirah

Kitab-kitab tersebut diajarkan pada fase B (kelas 4) dan fase C (kelas 5–6).
Sementara itu, untuk fase A (kelas 1–2) dan awal fase B (kelas 3), materi lebih difokuskan pada baca tulis Al-Qur’an, Iqro, Juz ‘Amma, hafalan dasar rukun iman, rukun Islam, doa-doa harian, fasholatan, serta praktik ibadah.

Guru dan Pelaksanaan

Madin An-Nur dibimbing oleh dua ustadz, yang merupakan alumni pondok pesantren, dibantu tokoh agama masyarakat sekitar. Mereka membagi tugas untuk mengajar kelas bawah dan kelas atas, sehingga pembelajaran lebih fokus dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.

Kegiatan Madrasah Diniyyah ini terintegrasi dengan jadwal pembelajaran sekolah, sehingga berjalan seiring dengan kegiatan kurikulum reguler. Dengan demikian, siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan umum, tetapi juga bekal keagamaan yang kuat sebagai pondasi akhlak dan karakter.

Harapan dan Manfaat

Dengan adanya Madrasah Diniyyah An-Nur, UPT SD Negeri Sumberjo berharap dapat mencetak generasi yang cerdas secara intelektual, kuat dalam iman, serta berakhlak mulia. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu menjaga tradisi pendidikan Islam di tengah masyarakat sekaligus mendukung visi Kabupaten Blitar dalam mewujudkan sekolah yang religius, unggul, dan berkarakter.


Share:

ASN UPT SD Negeri Sumberjo Ikuti Gerakan Serentak Belanja ke Pasar Rakyat

 ASN UPT SD Negeri Sumberjo Ikuti Gerakan Serentak Belanja ke Pasar Rakyat

Sumberjo, 17 September 2025 – Aparatur Sipil Negara (ASN) UPT SD Negeri Sumberjo melaksanakan kegiatan Gerakan Serentak ASN Belanja ke Pasar Rakyat dan Pasar Desa sesuai dengan Surat Edaran Bupati Blitar Nomor B/510.02.04.01/5193/409.29/2025 tentang perubahan gerakan belanja ASN.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 September 2025, setelah jam mengajar selesai. Seluruh ASN SD Negeri Sumberjo dengan tertib melaksanakan belanja wajib di pasar rakyat sekitar sesuai arahan, menggunakan seragam dinas, serta membawa kantong belanja non-plastik.

Dalam Surat Edaran terbaru, selain ASN, terdapat pula penambahan peserta dari unsur Non ASN, yaitu:

  1. Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)

  2. Dharma Wanita Persatuan (DWP)

  3. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI)

  4. Gabungan Organisasi Wanita (GOW)

Melalui kegiatan belanja serentak ini, ASN diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pedagang di pasar rakyat dan pasar desa. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan nyata terhadap program pemerintah daerah dalam pemberdayaan ekonomi lokal.


Sebagai wujud pertanggungjawaban, hasil belanja wajib ini dilaporkan secara daring melalui sistem yang telah disiapkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar, sekaligus didokumentasikan di media sosial sekolah.

Dengan penuh kesadaran, ASN UPT SD Negeri Sumberjo melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen mendukung gerakan bersama, demi tercapainya kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Blitar.

📌 Dokumentasi kegiatan ini juga diunggah di media sosial sekolah dengan tagar resmi:
#asnblitarkabbelanjapasar2025 #blitarkabberdayaberjaya
#korpriblitarkab2025 #korprinasional2025 #dewanpenguruskorpri2025


Share:

Selasa, 16 September 2025

Prestasi Siswa UPT SD Negeri Sumberjo Selama Bulan Agustus 2025

Prestasi Siswa UPT SD Negeri Sumberjo Selama Bulan Agustus 2025

Sumberjo – Bulan Agustus 2025 menjadi bulan penuh prestasi bagi siswa-siswi UPT SD Negeri Sumberjo. Dalam rangkaian lomba memperingati HUT RI ke-80 serta ajang olahraga tingkat kecamatan, para siswa berhasil menorehkan berbagai penghargaan yang membanggakan sekolah.

Adapun prestasi yang berhasil diraih antara lain:

  • Juara 1 Bola Voli Putra Kecamatan Sutojayan

  • Juara 1 Bola Voli Putri Kecamatan Sutojayan

  • Juara 3 Senam Lantai

  • Juara 3 Lomba Menggambar Ekspresi

Selain itu, kebanggaan semakin bertambah ketika tim voli Kecamatan Sutojayan yang diperkuat oleh tiga siswi UPT SD Negeri Sumberjo berhasil meraih Juara 1 pada ajang Kadin Competition (Kadin Cup 2025). Prestasi ini menunjukkan bahwa siswa-siswi SD Negeri Sumberjo tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga berprestasi dalam olahraga dan seni.







Pada hari Senin, 1 September 2025, piala dan piagam penghargaan hasil lomba diserahkan langsung kepada para siswa oleh Bapak Rudi Hartono, S.Pd., Kepala UPT SD Negeri Sumberjo dalam upacara di sekolah. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para siswa yang telah mengharumkan nama sekolah serta motivasi kepada seluruh siswa agar terus berprestasi di berbagai bidang.

“Prestasi ini bukan hanya membanggakan sekolah, tetapi juga menjadi bukti bahwa kerja keras, latihan, dan semangat juang yang tinggi akan selalu membuahkan hasil. Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berusaha mengembangkan potensi diri,” ujar Kepala Sekolah dalam sambutannya.

 

Dengan diraihnya berbagai penghargaan tersebut, UPT SD Negeri Sumberjo semakin mantap dalam mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan berprestasi. Semoga ke depan semakin banyak siswa-siswi yang menorehkan prestasi di tingkat kecamatan, kabupaten, hingga nasional.


Share:

Fanspage FB

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages